Wikia

Maula hasan Wiki

Penyebab Manusia Sombong

Comments2
24pages on
this wiki

Ketahuilah bahwa ada 4 hal yang menyebabkan manusia menjadi sombong :

1. Ilmu , dengannya manusia menjadi sombong , senang meremehkan dan merendahkan orang lain yang tingkat keilmuannya lebih rendah darinya . Musuhnya adalah orang yang memiliki tingkat keilmuan yang sama . 2. Harta , dengannya manusia menjadi sombong karena kekayaannya , senang memamerkan harta kepada orang banyak sehingga menjadi fitnah bagi orang banyak . Musuhnya adalah orang yang sama - sama kaya . 3. Kedudukan , dengannya manusia menjadi sombong karena kehormatan jabatan yang disandangnya , jabatannya menjadi alasan untuk memerintah orang lain dengan sewenang - wenang dan menindas / melanggar hak kehormatan orang yang menjadi anak buahnya . Musuhnya adalah orang yang memiliki jabatan yang sama tinggi . 4. Banyak teman / pengikut , dengannya manusia menjadi sombong karena merasa dirinya kuat dan didukung oleh orang banyak , sewenang - wenang menindas / menakut - nakuti orang lain yang tidak hormat dan tidak patuh kepadanya . Musuhnya adalah orang yang memiliki teman / pengikut yang sama banyaknya .

Barangsiapa ada orang yang mempunyai sifat sombong dan sifatnya tersebut dipelihara maka dapat dipastikan orang tersebut akan menjadi orang yang hina didunia maupun diakhirat karena sifat kesombongan adalah pakaian kebesaran Allah maka barangsiapa yang bersaing dengan Allah maka pasti akan menjadi hina , tidak akan memiliki kedudukan terhormat , tidak akan memiliki teman yang setia dan dapat dipastikan masuk neraka . 4 Hal Penyebab Kesombongan

Around Wikia's network

Random Wiki