FANDOM

Orang yang mengaku islam hendaknya dapat menguasai dan mengendalikan lidah dan kemaluan karena dari keduanyalah seseorang bisa selamat atau celaka . Ghibah adalah perbuatan membicarakan kejelekan orang lain disaat orang yang sedang dibicarakan tidak ada bersama mereka yang membicarakannya . Jika kejelekan seseorang memang benar telah diperbuat lalu dibicarakan maka itulah ghibah tetapi bila kejelekan yang dibicarakan tidak benar terjadi maka itulah yang disebut fitnah . Disini akan saya sebutkan beberapa hadis Nabi tentang ghibah atau berkaitan dengan ghibah : 1. Siapa yang dipelihara oleh Allah dari kejahatan lidah dan kemaluan maka pasti masuk syurga 2. Ada seseorang bertanya kepada Nabi : apa jalan selamat ? Nabi menjawab : tahanlah lidahmu , tetap dirumah dan tangisi dosamu 3. Jangan banyak bicara kecuali berdzikir kepada Allah karena banyak bicara dapat menyebabkan kerasnya hati dan sejauh - jauh manusia dari Allah adalah orang yang berhati keras 4. Ketika Nabi Muhammad Saw. melakukan perjalanan kelangit / mi'raj telah melihat suatu kaum yang mempunyai kuku tembaga yang digunakan untuk mencakar wajah dan dadanya sendiri maka Nabi Muhammad Saw. bertanya kepada malaikat Jibril as. : siapakah mereka itu ? Jibril menjawab : mereka adalah orang - orang yang senang memakan daging manusia dan mencela kehormatannya , mereka yang dimaksud adalah orang yang senang berbuat ghibah / gosip / membicarakan kejelekan orang lain .